6 Pola Kunci yang Paling Mudah Ditebak dan Cara Mengatasinya

sumber dan gambar: jalantikus.com
 
Pada Android tersedia berbagai macam lockscreen, yaitu swipe (geser), pattern (pola), PIN (digit), password (karakter) dan sebagainya. Dari sekian macam lockscreen, pola lah yang paling sering digunakan oleh user. Tetapi tahukah Anda, ada beberapa pola yang sangat mudah untuk ditebak?

Kunci Pola Android yang Paling Mudah Ditebak

Menurut Marte Loge, dari 4000 macam kunci pola yang diambil dari pengguna Android, ternyata pola pembuatan kuncinya rata-rata hampir sama. Sebanyak 77% pola dimulai dari salah satu pojok kiri maupun kanan dan 44% di antaranya mengambil posisi start di pojok kiri atas. Selain itu, sekitar 10% dari sample yang diambil membuat pola berbentuk huruf seperti N, M atau 0.
Membuat pola sederhana memang penting bagi yang mengalami kesulitan mengingat kunci pola yang rumit, tetapi dampaknya ya mudah ditebak. Berikut ini adalah beberapa kunci pola di Android yang paling banyak digunakan dan mudah ditebak. Apa ada salah satu yang Anda gunakan?
Kunci pola yang mudah ditebak 
 

Cara Melindungi Kunci Pola Android

Tidak bisa dipungkiri bahwa metode kunci pola di Android memang menarik. Selain memang memiliki banyak kemungkinan, Anda juga bisa jadi memiliki kesempatan untuk membuat kunci pola yang unik dan menarik. Agar kunci pola di Android tetap aman, berikut cara untuk melindungi kunci pola di Android Anda.

1. Selalu Bersihkan Layar Android Anda

Karena sudah ditemukan kesamaan pola pada pembuatan kuncil pola Android, maka Anda harus ekstra hati-hati. Meski tidak menggunakan salah satu kunci yang Jaka perlihatkan di atas, kunci pola Android dapat dilihat dari jejak jari di layar. Maka dari itu, membersihkan layar Android Anda itu sangat penting agar tidak terlihat bekas jari. Agar mudah dibersihkan, jangan lupa gunakan lapisan pelindung layar.

2. Buat Pola Yang Unik

Dengan pola 3x3, Anda bisa membuat 389.112 pola loh. Dengan minimal 4 titik terhubung, Anda sudah bisa membuat kunci pola di Android Anda. Agar kunci pola di Android Anda tidak mudah ditebak, coba gunakan 9 titik di kunci pola tersebut untuk membuat pola yang unik, namun masih mudah dihapal. Atau minimal 7 titik Anda gunakan.
Anda bisa mencoba salah satu kunci berikut pola berikut ini jika mau.
Kunci pola yang mudah ditebak 2 

3. Gunakan Pola 6x6

Jika kamu menggunakan Android dengan Cyanogen ROM, kamu akan menemukan fitur ini secara default. Dengan menggunakan pola 6x6, semakin banyak pola yang bisa kamu buat, sekaligus akan membingungkan orang lain juga dalam membukanya. Jika smartphone Android kamu sudah di-root, kamu juga bisa menggunakan pola 6x6 dengan bantuan modul CyanLockScreen di Xposed Installer.

Kunci pola yang mudah ditebak 3

Sekian artikel dari saya. semoga bermanfaat untuk keamanan Smartphone Anda.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Thanks for Ur Comment